Sabtu, 01 Desember 2018

Kawah ijen TRIP ( part 2 )

Oke lanjut lagi, 
Kali ini membahas gimana perjalanan sampai Puncak nya.
Start awal dari pendopo selamat datang pendaki gunung ijen sampai ke kawah kira-kira selama 180 menit -+
Pendopo start pendakian kawah ijen

Ada sekitar 5 pos yang akan di temui selama perjalanan. Tapi sayang kamar mandi nya nggak layak, jadi sebelum berangkat terutama buat perempuan-perempuan tangguh kudu dikeluarin semua BAK dan BAB nya. Tissu basah dan air mineral yang cukup juga bisa jadi cadangan sih ketika di tengah perjalanan tiba-tiba kebelet.

Pos 1 ke pos kedua mungkin ditempuh selama setengah jam. Jarak pos-pos selanjutnya aku lupa detail waktunya gimana. Cuma yang masih aku inget pos terakhir yaitu kantin. menandakan kalau gerbang kawah sudah dekat yeeeeee. Jangan lupa ketika dirasa ngos-ngos an segera berhenti jangan dipaksakan. Setelah enakan baru lanjut lagi.

Itulah sebuah proses.
Bersusah dulu bersenang kemudian,
Rapuh dulu bersyukur kemudian,
Lelah dulu nikmat kemudian,
Sakit dulu bahagia kemudian,
Naik dulu turun kemudian, ( yajelas laaah )

Yang pasti adalah jalan nya itu nggak susah. Nggak terlalu mainstream untuk pendaki pemula, perempuan biasa, perempuan syar'i, anak-anak, ibuk, bapak, kakek, nenek dan lain-lain. Karna disitu juga tersedia PAJERO. pajero ini istilah diantara kami bertujuh sebutan untuk jasa bapak pengantar memakai kayu dorongan wehehe. Itu tuh ada dua orang yang narik dan satu bagian belakang untuk mendorong gitu. Jadi jarak sekitar 2km tadi ditempuh dengan kuat dan lelah banget kan pastinya. Harganya kalau naik kira-kira Rp. 750.000.00 , kemudian kalau turun sekitar Rp. 250.000.00 per dorongan. Untuk harga terbaru bulan kemarin. Setara sih menurutku dengan perjuangan si bapak - bapak yang nganter. Nggak tega gitu loh. Awas aja kalo anak nya durhaka ma bapak nya. Perjuangan nya totalitas hum
Gitu tuh jalan nya

Di jalan selalu rame, apalagi kemarin bertepatan di hari sabtu yang which is itu weekend. Nggak usah takut bakal ada genduruwo apalagi tuyul ;)

Salah satu perbedaan antara gunung ijen dan gunung lain itu orang-orang nya nggak terlalu care. Jarang banget ada yang nyapa. Nggak bakal nyapa kalau nggak disapa. Itupun kayak nggak ikhlas gitu nanggepin nya. Padahal waktu lalu di gunung buthak- Malang pendakinya ramah-ramah. Setiap ketemu dengan yang lain selalu bertegur sapa berasa kayak tetangga sebelah kalau lagi main. Nanya asal lah, nyemangatin lah, atau sekedar ngomong "ati-ati mbak, mas".
Jadi ngerasa asing gitu di sini, ditambah bule nya banyak banget.

Setelah jumpa pos terakhir kantin. Berasa banget seneng nya. Padahal nyampe aja belum. Dari perjalanan kantin ke Puncak banyak yang udah nawarin masker khusus melihat blufire. Karna masker biasa nggak bakal ampuh dengan sengatan bau kawahnya. Harganya sekitar Rp. 25.000.00 per kepala. Tapi setelah nyampe di gerbang kawahnya juga lebih banyak lagi sih yang nawarin masker untuk bluefire nya. Lalu ketika sudah seperempat hampir ke titik gerbang kawah selalu terlihat senter-senter pendaki gunung meranti. Gunung tepat di sebelah kawah ijen ini. Lucuuu pasti senter kami terlihat juga dari sana hehe

Daaaan akhirnya sampai juga di gerbang kawah ijen. Pukul 04.00 wib masih sangat gelap disana. Angin masih mencakar ganas huy duingiiin sekali. Segera mencari tempat berlindung di lubang panjang tanah hehe. Saking nggak betah dengan udaranya kami memutuskan untuk tidur sampe dirasa agak kuat untuk bertahan dari para angin jahat.
Berani kotor itu sehat tauk.

Bluefire sih sebenarnya dapet, yaa cuma karna udah nggak betah sama angin jadi udah deh nggak papa next time aja lagi liatnya. Dari pada bisa turun terus nggak mampu naik gimane? ( Btw blufire di tempuh dengan menuruni ke dasar kawah ).

Tepat pukul 05.40 wib aku terbangun. Segera ku naik dan seketika itu juga jeng jeng jeeeenggg "mashaallah, aaaaaaaaaaaah kereeeeen"
Seneng, bahagia, nggak nyangka, kudu nangis, takjub, dan lega banget intinya.
View di depan auto ada kawah yang warna nya seger pol, kesebelah kanan masih ada jalan lagi Puncak gunung ijen, ke belakang ada hamparan tumbuhan cantik, dan ke sebelah kiri ada tumpukan awan milik meranti dan ada jalan menuju Puncak juga. Wallah bersyukur sekali bisa menginjakan kaki kesini. Penat yang nggak sia-sia, melawan dingin juga nggak sia-sia. Pokoknya kawah ijen berhasil membuat aku lebih Cinta tuhan. Bahwa tuhan pasti mendengar doa hambanya yang berusaha agar mendapat jodoh dan takdir yang baik. Eh apa hubungan nya?  Humm.
View di depan langsung gini uh
View  sebelah kanan

View di belakang
View sebelah kanan

Hampir mau nyampe kawah 

Walau belum Puncak, di titik itu saja aku sudah mendapat imbas dari keluhan-keluhan tadi. Gimana dengan yang sampe ke puncak nya, terus ke bawah liat bluefire nya juga ya?  Pasti double dong kebahagiaan nya.

Ketika di atas, para bule jarang terlihat sudah. Entah mereka kemana wkwk. Keadaan nggak serame waktu di jalan juga jadi nyaman lah teriak-teriak nggak jelas.

Santai, berfoto ria, sambil memanaskan diri sampai pukul 08.00 wib. Pingin banget tinggal disitu. Secara view nya dapet banget looh. Cuma yang bikin kesel itu angin. Super hembusan nya khawatir nyeret badan.

Disana jangan pake baju putih, Pokok nya jangan pake yang putih. Debunya banyak soal e jadi gampang kotor. Kawah ijen is my favorite place. Harus datang ke sini asli. Recomended parah. Apalagi kalo yang seneng hunting pake photographer handal uh bakal Bagus banget pasti hasil shoot nya.

Setelah lumayan lama berjemur disana, akhir nya turun lah kami ke lapangan pemukiman tenda. Nggak bisa cerita banyak sih. Intinya setelah turun hati tuh riang gembira. Jalanan udah nggak terlalu rame kaya tadi malem. Bahkan berasa milik sendiri. Musti waspada. Lebih enak kalo pake sepatu asli gunung. Posisi saat menurun itu kaki agak serong, jadi dia nggak bakal terpeleset. Gitu dehh. Siap-siap setelah turun langsung mandi ya pasti badan udah kotor semua. Abis mandi terus makan abis itu istirahat deh. Pulihin energi hehe.
Okkeee selesaaaii terimakasiiih semoga nyambung semoga yang belum kesana segera bisa tercapai untuk menjajah kawah ijen;)
Segrup nih

Kamis, 29 November 2018

Lara suka


Ketika awal bertatap
Aku jatuh
Aku terlebur
Terbias kata
Ternyata merah jambu.
Lalu aku berusaha
Sendiri
Berjuang,
Bergerak
Seiring waktu.
Kemudian selalu bertatap.
Akhirnya,
Bertahan
Percaya
Zona aman
Masih bertahan
Terus bertahan.

Tiba saat
Hampir menyerah
Mulai lelah
Bukan karnamu,
Tapi Mereka.
Mereka bercuat
Samar
Gentayangan
Aku Ketakutan
Terusik
Iya mereka.
Semakin lemah
Diam saja.
Ingin melangkah
Pulang,
Lalu hilang.
Bisa apa?
Bodoh memang.
Mungkin bak debu
Terhempas mudah.
Memikul malu
Sambil sembunyi
Mungkin juga lari.
Menunggu dikau,
Jika datang,
Membela.
Hanya kalau!
Mungkin aku aman
Ada bersama mu
Mungkin,
Nyatanya?
Ingin sirna
Ingin ditelan senja saja.
Aku semakin pilu
Pun rapuh.
Karna mereka
Iya mereka
Menguliti lembut
Harga
Diri ku.

Minggu, 25 November 2018

Kawah ijen TRIP (part 1)

assalamualaikum temen-temen.
Well, akhirnya
Pertama kali curhat tentang perjalanan, semoga nyambung deh. padahal sebenarnya lumayan banyak sih destenasi wisata yang sudah aku kunjungi. Cuma baru kepikiran aja buat ngeshare disini mungkin bisa sedikit bermanfaat.

Kawah/gunung ijen itu terletak di perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso.
Bener -bener satu tempat yang sangat memukau ternyata. Basically Indonesia punya uy. Bangga dong betapa indahnya negeri ini. Dengan kawah yang berwarna hijau tosca nya, berdekatan dengan gunung meranti yang kalau malam terlihat cahaya senter dari pendaki lain, dan kalau siang terlihat Puncak nya disertai awan-awan Indah. Sangat terpesona dengan segala keagungan Tuhan itu. Berasa pingin jebur ke awan yang udah kaya kapas hehe

Perjalanan dimulai hari sabtu selesai maghrib, pemberangkatan dari Jember kota sekitar pukul 18.30 wib dan sampai di lapangan start pendakian kawah ijen tepat di pukul 22.40 wib. Sesampainya disana langsung dirikan tenda yang uhh, ternyata ada kesalahan teknis sehingga tenda gagal berdiri hehe. Untung dibawah lampu.
Jadi dilapangan itu gunanya tempat parkir. Parkir tenda maupun kendaraan. Ada berbagai pengguna, Dari travel, mobil, motor, helikopter, sampai kapal selam juga ada. Eh yang dua terakhir itu becanda sih . Banyak yang mendirikan tenda sambil bebakar kayu untuk menghangatkan badan pastinya, karna bener-bener duingin huh.

Jadi persiapan yang wajib dipakai adalah =
1. Jacket
2. Celana (bukan jeans)
3. Kupluk (topi hangat)
4. Syal
5. Sarung tangan
6. Bajunya yang berkain hangat
7. Kaos kaki dobel
8. Sepatu (apapun yang penting nyaman)
9. Masker
10. Ransel biasa (biar bawanya nggak berat)

Kemudian yang wajib di bawa adalah =
1. Amunisi energi (makanan agak berat)
2. Air mineral
3. Jajanan ringan
4. P3k
5. Tongkat (dari kayu ya boleh si)
6. Tissu basah
7. Madu / pelembab bibir

Sekarang yang sunnah dibawa nih =
1. Kamera
2. Kaca mata
3. Selimut hehe

Itu saran dari aku yang serba kekurangan di persiapan nya menurut pengalaman kemarin. usahakan jangan terlalu berat bawa an nya, kemudian barang-barang itu nyaman di badan kita. karna perjalanan yang jauh itu nggak mudah.

Pendakian dimulai pukul 02.00 wib dini hari. "Biar dapet bluefire kudu berangkat jam segini" kata salah satu personil dari kami ber tujuh. Dimulai dengan sesi berdoa lalu sesi pendaftaran. Harganya inshaallah 12k, itu sudah sama parkir. Murah ya
Dengan bekal pribadi baju dobel, iket, jilbab pashmina di blibetin, jaket, kupluk, syal, kaos kaki, dan sepatu ternyata masih kerasa banget dingin nya. Apalagi ditambah hembusan-hembusan kasar si angin. Andai selimut itu nggak berat pasti ku bawa dong. Hum

Selama perjalanan, ternyata banyak sekali saudara-saudara saya disana, yak mereka adalah para bule . Kalah putih uh, tinggi apalagi. Tapi yaudahlah nggak papa, anggeb aja kami saudara terpisah. Hehe

Alhamdulillah track nya lumayan mudah. Sedikit lindai banyak nanjaknya wkwk. Malah rame lagi haduh. Perjuangan pendaki amatir kaya aku gini jalan 7 detik dah ngos-ngos an asli. Tapi tentunya wanita hebat selalu kuat dan tangguh! Tahan capek supaya sampai tujuan dengan tepat waktu. Eak

Sekitar 2km menyusuri malam, sambil dzikir dong. Banyak ngeluh nya juga sih tapi. Tetap semangat mencapai keindahan yang masih belum tau gimana entar disono. 2km itu kira-kira selama 3 jam lebih lah ya buat nyampe ke kawah nya. Sesekali berhenti untuk istirahat duduk manis sambil menyapa saudara-saudara bule.

Dah ah, masih capek jadi butuh istirahat panjang dulu wkwkwk
Sampe ketemu di blog selanjutnya. Babay
Assalamualaikum wr. Wb

Kamis, 01 November 2018

Delima Bakat

Hai halo
Masih di ambang kebingungan. berasa mencari debu dalam air. bingung antara kebenaran dan kenyataan. selamat bahagia loh ya jangan lupa.

oke mulai,

Ada suatu hal yang selalu aku tanyakan pada tuhan. karna terus berputar tak ada habisnya. sampai 19 tahun berdiri tegak di bumi ini masih belum mengerti BAKAT terindah yang aku punya. masih terus mencari tapi belum nongol-nongol yang dicari. huh

Mungkin temen-temen masih ada dong yang sampai sekarang belum tau apa sih sebongkah emas yang ada di diri kita, atau hanya aku ?

Sebelumnya nih, BAKAT menurut KBBI adalah " kepandaian, sifat, dan pembawaan yang dibawa sejak lahir."
makna nya jelas, kepandaian yang ada sejak lahir yang biasa dilakukan dan pastinya positif.

Aku cinta nyanyi nih, travelling, membaca dan sebagainya. Aku pun "bisa" sebagainya. bisa disini bukan diartikan pandai sih, tapi bisa hanya sebatasnya saja hehe. setidaknya kan aku mampu gitu loh. Aku suka gitu sama hal yang baru, baik bersifat serius maupun lelucon.

Terus gimana caranya menentukan bahwa aku berbakat dalam suatu hal?
masalahnya aku tidak pernah memfokuskan pada hal yang betul-betul aku cintai. apa ya? yang paling menonjol sih aku suka travelling. sama sekali nggak bisa dijadikan bakat dong wkwk. entar malah jadi gini pas ajang pencarian bakat. 
"perkenalkan nama saya Rica Sevtia Kusyaroh"
terus ditanya tuh sama si juri nya,
'baik Rica, apa dan tunjukkan bakat mu!'
lalu kujawab dengan lantang dong ya,
"jalan-jalan refreshing jur, travelling untuk menambah kesyukuran pada tuhan yang Maha esa dan menambah kecintaan pada Nya". sambil pasang wajah bahagia seperti ketika ceramah da'i cilik gitu. 
seketika sang juri langsung gelagepan nyuruh petugas untuk mengusir Rica dari ruangan. sadis kan

Bingung asli, pingin gitu kaya yang lain membanggakan bongkahan emas miliknya, sementara aku?
masih nggak tau sama sekali. kalau dilihat dari sifat pembawaan dari lahir sih aku terlahir sebagai juara kelas gitu wkwk. tapi entah sekarsng justru aku terlihat bodoh rasanya. apa yang perlu kubanggakan coba? pasti ada kan bakat terpendam setiap umat? hem muter-muter aja disini ngaak ada kelarnya.

Tapi sebentar, menurut pendapat ku sih berbakat itu bukan hanya perihal yang besar. dari hal kecil saja sepertinya sudah mampu dinyatakan dia berbakat dalam hal itu. nggak setuju nggak papa kok wkwk. Misal nih, berbakat bersih-bersih. sampe kinclong dan nggak ada debu yang nempel. jarang loh orang punya bakat semulia ini ya to?
terus berbakat menghibur. tentu ini sudah familiar. tapi juga nggak semua orang berbakat dalam menghibur orang lain dengan aliran joke-joke yang dibawa sejak lahir. hiyak hiyak

jadi tuh, jangan sampai menyepelekan bakat-bakat kecil yang mungkin bisa menambah ladang pahala dan bermanfaat untuk orang lain. coba aja cari bakat itu lalu kembangkan. betul kan ya?

Baik, untuk saat ini mungkin aku sudah menyimpulkan bakat terpendam seorang Rica, yakni "ketidak jelasan". nah, cukup jelas memang hidup yang penuh kesamaran ini menuntut ku menjadi orang yang tidak jelas. mungkin setelah ini aku akan mencoba mengembangkan bakat ketidak jelasan ku itu. hem
Semoga temen-temen lebih punya bakat yang lebih bermanfaat ya aamiin yarobbal alamin.sudah bye.


Kamis, 25 Oktober 2018

Rindu

Setiap detik
Pagi sampai kembali pagi
Detak selalu mengharap mu
Untuk ada
Untuk selalu menyatu
Hadir disetiap mimpi

Tak kan sirna
Cucur air mata pun begitu
Ah
Aku lelah merindu
Belum pupus andaiku
Tuk melihat senyum mu kala ku bangun

Tentang rindu
Tentang Cinta kasih
Yang tiada banding
Tiada henti pasti

Ku kejar masa depan
Kau kejar kehidupan
Ku rindu bahagia
Kau lelah ingin bersama

Bagaimana dengan merelakan
Tak bisa sungguh
Sudah berlama aku mendamba
Ingin jumpa setiap saat
Yang menumbuhkan mekaran indah
entahlah kapan

Lagi-lagi jarak
Lagi-lagi cita
Lagi-lagi cinta

Bersahabat sendiri
Berkelana sendiri

Sudahlah
Nafas rindu memang segalanya
Sudahlah
Kehendak akan selalu ku pasrah

Yah
Buk
Robb ku pasti sampaikan hikmah
Mengapa kita terpisah raga
Tenang saja
Jiwa akan mantap bersama doa

Tapi maaf
Rindu ini tak bercela

Sabtu, 20 Oktober 2018

Capek sendiri

Pernah dan ada nggak sih suatu ketika merasa putus asa gitu aja? capek dengan apa yang udah kita lakukan. Padahal udah berusaha untuk sampai dititik (lumayan) nyaman.
Perihal menerima keadaan dan ukuran mensyukuri nikmat, bukan menjadi diri sendiri.
Yes basically ada, itu aku yang saat ini.

Berusaha menjadi baik dimata orang lain pun berusaha menyamakan diri dengan yang lain. Wich is aku menjadi minoritas disitu. Dengan segala hormat dan patuh berusaha ku lakukan yang terbaik tentunya.
Untuk supaya selalu berada di titik tengah, Netral gitu lah. Dan, ternyata jin ifrit sudah menguasai relung hati ku nih, jadi tiba-tiba aku ngerasa sangat terbebani dengan sikap yang menuntut ku harus menjadi teladan, disemua mata. Padahal selalu kuingat bahwasannya, sesuatu yang dilandasi lillahita'ala pasti berbuah kenikmatan dan keindahan. Tapi uh, rupanya iblis sudah membisiki dengan kehalusan yang luar biasa.

Apa ya kira-kira penyebabnya?
Aku Cinta sekolah, aku Cinta anak-anak, tapi aku lebih Cinta kebebasan. Hiyak hiyak

Aku ingin banget menjadi diri ku sesungguhnya yang nggak punya malu berpendapat dan bertanya, yang nggak bisa diem karna lek wes cerita nyerocos persis anak baru akal baligh, yang membaur kemana-mana dan apa adanya.

Tapi entah deh, disini sungguh aku berbalik 180° hehe. Di ruang guru asli yang paling diem ya hanya aku. Nggak ngomong kalau nggak diajak ngomong saking malu dan takut salah. Untuk saat ini agak berkurang sih radar diem nya alhamdulillah. Cuma ketika pertama ngelamar kerja dan baru sampai 4 bulan kemudian aku mulai bisa sedikit berinteraksi tanpa nderedek dan terbata-bata. Karna lagi-lagi takut tidak sepaham maksud nya. Apa karna aku termuda ya? Hem

Terus yang paling stay di tempat ya aku. Beranjak dari kursi hanya saat ke kelas, kamar mandi, perpus dan kantin. Hinggap ke kursi lain sungguh sangat jarang sekali.

Dan lagi yang super berwajah g*bl*k ya siapa lagi kalau bukan aku? . Rapat misal. supaya nggak dimarahin, aku selalu memasang wajah antara melas, linglung, dan datar. Itu jurus andalan sih. Padahal di hati ingin berkobar, bertanya maupun membantah argumentasi dari pembicaranya.

Hal paling utama dalam benak adalah, biar nggak dimarahin. Udah itu aja.
Sadis coy kalau misal dimarahin itu. Satu orang tau bisa jadi satu lingkup orang akan tau juga. Sebenarnya nggak akan ada juga yang mau marah-marah in sih, tapi kan pasti " gossip-gossip" manjah nya yang tersebar cepat bagai virus anak kecil kalau lagi pilek.

Gimana ya?
Belum cukup umur kah aku menggeluti dunia perguruan gitu? Tapi kok sekolah lain ada juga pengajar yang se-tingkat malah lebih care sama senior nya. Apa yang salah dari diriku sebenarnya?

Capek, asli
Sama sekali nggak bebas. Berasa terkekang walaupun nggak ada yang ngekang. Berasa penat sendiri gitu.
Gatau lagi udah, semoga ini memang betul pengaruh jin ifrit, jadi semoga lekas menghilang dan sirna dari relung pikiran ini. Hem :)

Kamis, 04 Oktober 2018

Salam Cinta Anak

Selalu bersama bukan ngarang nya rica. Membahas segala kisah yang tentunya fakta. No bohong-bohong club ehehe.

Anak-anak.
Sosok yang selalu punya ke menarik kan, Sebab Ada saja tingkah menggemaskan nya, tingkah dibalik awet muda nya guru-guru diseluruh jagat Raya.

Sejak 16 bulan lalu aku sudah menggeluti dunia ke anak-anak an. Jadi benar-benar kecanduan dan selalu dibuat speechless dengan kelakuan mereka. "Oh pantesan, rata-rata guru itu awet muda. Karna ya mereka enjoy dan bahagia selalu bersama anak-anak ".kataku kala itu.

Setiap anak pasti berbeda. Kemampuan dan pola didik dari keluarga pula tentu berbeda.
Ada yang hiperaktif, super hoby keliling (maklum,akunya juga gini hehe), jail sana-sini, suka marah saat di colek sedikit sama yang lain, pingin menang sendiri, sensitif dll.
Pun ada yang ramah, seneng cerita panjang x lebar x tinggi, masih suka manja-manja an, anggun, diem ga banyak omong (berbanding jauh sama aku wkwk) dll.

Harus kita apresiasi tingkah laku anak yang mengarah pada kebaikan. Tidak membantah misal. Pun juga selalu mengingatkan pada tingkah yang dapat merugikan teman nya. Dengan halus dan konsekuensi yang mudah diterima.
Tidak ada anak nakal ataupun bandel.
Kata pak miftahul Jinan pengarang buku tentang pendidikan anak adalah anak nakal itu bukan dilahirkan tetapi diciptakan.
Label buruk jangan sampai kita salurkan ke anak-anak. Alquran sudah menjelaskan di surat al hujurat:11 bahwa ada larangan memanggil dengan julukan yang buruk. Belajar untuk tidak melabeli anak sembarangan. Assiyaapp

Kewajaran dong ya, sama sekali aku sangat terbantu dengan perbedaan sifat setiap anak. Yang kalau lagi bad mood terus jumpa anak-anak dengan tingkah gemesin nya nih, selalu mendadak jadi terbahagia sedunia akhirat. Coba aja bayangin, lagi pelajaran, lah kok bisa-bisa nya dia ngumpet bawah meja. Apa coba yang lagi dipikirin si dia ? Jangan kan pelajaran, kemarin waktu ujian tengah semester hari pertama udah gak ngumpet lagi, tapi tiduran di bawah kursi. Suntuk mungkin ya. Tau jawabannya tapi nulisnya ga bisa. Hehe maklum kelas satu.

Selalu begitu, ada saja tingkah yang diluar dugaan. Ternyata anak-anak bisa ya berlaku seperti itu. Betapa bahagia nya mereka ketika mendapat kesempatan untuk merealisasikan hajat nya. Seneng cari perhatian, oke ditegur langsung membaik, tapi 5 detik kemudian sudah hinggab ke tempat lain.

Dulu sempat sama sekali tidak ada niat an untuk suka sama anak-anak. Tapi setelah merasakan luarbiasa nya nikmat bahagia lahir batin dari anak-anak, rasanya tidak ada niat an untuk pergi dari kehidupan mereka. sudah berada di zona nyoman sih. Wih so sweet kan diriku.

Jangan anggab anak kecil itu memalukan. Justru mereka lebih membawa kita ke alam bawah sadar kalau sudah masuk ke dunia nya. Hingga lupa dengan tugas rumah, gagal move on, jomblo, ditinggal rabi, bertepuk sebelah tangan, Cinta diam dan sebagainya. Hehe

Semoga bisa menggugah hati supaya menyempatkan waktu bermain dengan anak-anak yaa. Anak-anak itu membahagiakan kok. Salam Cinta peduli anak-anak .woyooo

Sabtu, 29 September 2018

Cerita Pemilih Tangguh

Alhamdulillah dong masih diberi kekuatan akal dan fikiran sehat hari ini. Bukan hanya akal fikiran sih, lahir batin juga masih utuh toh? Alhamdulillah kalo gitu, jadi bisa menikmati isi hati rica yang mulai alay ini. Let's go!

Jumat,28 september 2018
  Setelah menginjakkan kaki di bumi Sidoarjo untuk temu kangen keluarga kemarin, sekarang waktu nya kembali ke habitat karna besok (sabtu) ada agenda di sekolah yang diadakan sewulan sekali. Mentari sudah berada di tempat paling ganas. "Berasa terbakar mashaallah" ku bergumam di tempat terdepan sebuah bis kota menuju Lumajang.

  30 menit perjalanan, ku mendapat kabar yang betul-betul aku tersentak dari kegelisahan akhir pekan ini sebab bentrok dengan agenda di sekolah sabtu esok. Suatu Hal yang mungkin berpengaruh besar. Karna sungguh rumit sampai melibatkan arahan dari banyak pandangan.
"Dateng enggak ya ke wisuda nya? ".
"Setelah dapet ridlho dari dia kayak nya lebih aman buat kesana,menghindari anggaban 'tamu tak diundang' ".
"Di sekolah gimana ya,harus pilih satu nih".
"Duh, takut kecewa setelah mengorban kan salah satu nya".
Okeh setelah nyampe rumah, istirahat maksimal dulu, menenangkan pikiran dulu dan berdoa untuk diberi petunjuk sama Allah.

Sabtu, 29 september 2018
Fix, pasang alarm pukul 04.00 dan prepare berangkat hijrah lagi dari Lumajang kota pisang ke Malang kota wisata. tepat jam 05.30 datang si bis untuk siap menyusuri jalanan ramai di pagi hari.
Kuputuskan untuk datang di hari penting setiap umat, yaitu wisuda. Dengan keyakinan dan kepasrahan apakah nanti dipertemukan atau engga. Ku urus segala perizinan ke sekolah dan berusaha meyakinkan kan kalau itu alasan penting, pun berusaha meyakinkan diri agar tidak izin lagi esok hari kecuali sakit. Yah, namanya juga sudah berdoa lama agar bisa hadir, masa setelah ada kesempatan tapi diabaikan. Dengan segala resiko apapun inshaallah aku akan terima dengan lapang Lillah. Takut dinilai mempermainkan Tuhan intinya. Berharapnya cuma satu "semoga engkau selalu beri kemudahan dan kekuatan untuk ku yarobb" .gitu

Perjalanan yang lumayan melelahkan sebab macet tiada tara. Tapi lagi-lagi itu terhempas karna keinginan yang kuat untuk hadir disana. Sampai pukul 10.33 sudah ku injakan kaki ini di perbumian Malang. Dengan segenap persiapan yang (sebenernya) belum matang tapi keburu dikejar waktu takut acaranya sudah kelar.

Dear wisuda dio,
Bucket yang seadanya karna ga sempet pesan 'lah wong niat nya batal datang e'. kartu ucapan yang nulis nya gemeteran takut ilfiel baca tulisan ku bak dokter jaman now, jadi diwakilkan temen ditambah emot-emot asal yang,"ah.... Wedi ngisin-ngisin i yuuunggg" protesku. walau tak digubris oleh nya .

Setelah melalui drama panjang, tiba waktunya mencari sasaran. DM ig not responding. walau padahal sudah punya Wathsapp nya dia sih,maklum cuma nyimpen nomer dan pantengin photo profile nya. Terjadilah drama sepanjang sungai musi milik palembang. Sebab kegelisahan si temen lama tak ada respon dari dio.
...............
Enter
Aaaaah, terkirim sudah chat memalukan "dio, aku di lokasi. pean dimana?"
Duhh, gelisahhh, takut segala macam.
Nah baru sedetik terkirim, datang Dm ig dari dia . "ya allah yung, iki dibalessss, lek gitu ngapain kita ngirim via Wathsaap !!!!" hemm, terlanjur sudah. yaudah mau gimana lagi. Tapi untungnya fast respon dia. Tanpa basa-basi dia segera menjawab. Tak peduli aku dapet nomer dia dari mana. Dag dig dug gak karuan sudah, tertahan takut dan malu wkwk.
Sampai di kampus yang elit, dipenuhi pendamping wisuda super kece-kece. Ramai sekali. Akhirnya bertemulah kami.
"Makasih ya udah datang" sambutnya.
Seperti biasa aku berjingkrak-jingkrak ria dalam hati. "Alhamdulillah yaallah akhirnya bisa jumpa. Sungguh tak kusangka mashaallah" .
Tapi Sepertinya dia sedang buru-buru karna banyak sekali teman karib nya yang hadir sampai dibuatkan nya banner khusus buat dia. Sempat berbincang dan berfoto sebentar juga.
Sebenarnya bertemu dari kejauhan saja sudah bahagia sekali rasanya. Apalagi bisa memberi sedikit kenangan (yang mungkin tak penting buat dia) sudah kebahagiaan tersendiri bagi ku ditambah foto bareng yang itu sebagai bukti bahwa ingin ku abadikan moment ini.

Setelah dirasa cukup, tak lupa, terus kuucap syukur dan istighfar dalam hati mengingat sudah kucapai harap  sebagai tombak tanya.
"Jika ku tak bertemu dengan nya saat wisuda itu, berarti petunjuk agar aku merelakan untuk berhenti berjuang. dan memilih habitat asal 'seperti yang di nginkan sang ibu' Tapi jikalau bertemu, aku akan terus menjadi pejuang diam dipihak dia dan terus mengabdi untuk tugas negara yang sedang aku tekuni."doa kala itu.

Namun,ada sedikit problem di akhir pertemuan. karna kesalahan ku yang membuat dia bersalah dimataku. Aku ga kepikiran buat ngeshare disini sih. Cuma sore itu (kembalinya aku dari kampus dia) kumerasa mellow uda kayak anak bayi.

Ahad, 30 september 2018
Waktu begitu cepat, ahad pagi kuharus sudah menghirup udara Lumajang lagi. Sudah lelah dengan bau semerbak bis yang memusingkan huh. Akhirnya pesen tiket kereta lah kok salah tujuan, saking gak karuan nya hati entah saking banyak nya pikiran berasa hampir ambyaarr. Hahaha. Ga di ridhoi naik kereta, jadinya naik bis lagi deh. Yaudah alhamdulillah cerita selesai sampe disitu. Which is, ini masih di bis soalnya.

Tangguh sekali kan saya?
Berharap banyak orang disana yang juga punya tekat dan keberanian yang cukup besar untuk menggapai hal baik dengan pilihan-pilihan yang tepat pastinya.

HAPPY GRADUATION DIO,
Btw ini jumpa yang kesepuluh ya kak.
mugi tansah manfaat lan barokah ilmu saking Allah. Sepuntene ingkang kuwatah saking kulonipun.
Sampun sampunnn.

Sabtu, 22 September 2018

Siulan tentang mu



Dio,
bagai awan bertemu langit biru
cerah dan menawan sekali.
Aku bahagia mengagumi mu
menyebutmu dikala sengganggku
kala waktu istimewa ku bersama Tuhan

sungguh tak pernah kubosan
melihat nama mu di papan pinggir jalan saja sudah sangat teduh rasanya
apalagi mengucap senandung tentang mu
ah,betapa gemirlangnya sang hati berkata

Ku jadikan kau semangat
penguat disaat lemah
penyejuk disaat gundah
pengingat disaat ku lengah.

Aku mencintaimu dio,
ikhlas aku memendam diterpa angin
membiarkan waktu dan pundak ku terdera
Aku pun rela kak.

Dalam Doa ku panjatkan
merayu Tuhan agar ridho diturunkan
dengan temu.

Ssetiap pandang mu
tutur katamu
kerendahan hati mu
ta'dhim mu
Aku yakin banyak yang menyukai mu
tapi aku lebih dari itu
lebih dari itu
lebih dari itu
lebih dari pujangga sang pecandu.

Tenang,
tak usah merasa diberatkan dan diharapkan oleh ku
Aku tak se-memaksa itu
Aku tau apa yang harus ku lakukak sejak 4-bulan lalu
hanya kepada Tuhan aku berharap
menggantungkan segalanya
merayu sekuat tenaga
membujuk mesrah pula

Sampai waktu tiba
sampai petunjuk datang

Apakah Aku dan Kamu akan menjadi kita?

Minggu, 16 September 2018

Baper sendirian

Hari weekend telah tiba, terasa lelah dan ingin tidur lama untuk membalas kesibukan di hari kemarin. cuma ingin sih masih waras kok jadi tidurnya sebatas 2x60 menit aja atau lebih sedikit hehe. Dan, tiba saat nya untuk bertemu dio. yeyyy, bisa menatap sepuas nya langsung sekaligus mendengar suara nya tanpa perantara.
Bersama-sama tapi, bukan berdua aku dan dia aja hehehe.

Jadi hari ini ada acara talk show inspired gitu. dio adalah salah satu pembicaranya. dimana semua pembicara pasti duduknya didepan kan, enggak mungkin juga disamping ku. walau dari kejauhan nggak papa sih karna kalau dari deket takut dibilang cari perhatian hemm.
Cerita dimulai..

Ahad pagi sekitar jam 08.15 personil geng muslimah ku menuju ke lokasi dengan dresscode pink yang sudah kusiapkan dengan rapi, perasaan gembira, semangat, dan tentunya bahagia. menyusuri keramaian jalan sambil berbincang-bincang. sungguh cerah pagi tadi.

Setelah setengah perjalanan kami lalui. ternyata ada masalah kecil disuatu perbincangan kawan bicara ku yang ngebuat aku literally langsung lemas, cemas, malu, gelisah campur menjadi satu. ini tentang dio."ada yang bilang kalau kamu pacaran sama dia mbak ric, kalau sampai ibunya denger dia pacaran, gatau bakal diapakan dia" kata temen ku ngejelasin.

"Yarobb, chat pun ga pernah loh padahal. oke mbak, aku ga mau terlihat didepan dia, aku malu. aku mencoba untuk tidak banyak suara dan gerak . aku mau menghindar dulu dari diaa". aku membela.

Selama perjalanan aku hanya berfikir negatif tentang semua. melayang tak karuan, hati ingin bergejolak, tapi jiwa merunduk malu dan cemas yang mendalam."kalau sampai dia tau kabar itu gimana? ini tentang harga diri ca , mulai khawatir, bener-bener takut dibilang ngaku-ngaku". ucapku berkali-kali dalam hati.

Sampai akhirnya di lokasi aku masih ketakutan. khawatir bertemu dengan orang-orang yang berkaitan dengan masalah tadi."aku harus gimana?". itu salah paham, tapi kenapa ga langsung tanya ke aku toh? Kenapa harus segera mendoktrin hal yang belum pasti terjadi? ". terus kuucap dalam hati.

Acara dimulai dengan khidmat bersama adek-adek yatim piatu. disitu aku diam tak berkutik. nangis sejadi-jadinya bertutupan masker agar nggak di lirik orang dan supaya temen sebelah ga ilfiel.

Sampai acara inti pun aku masih menutupi wajah dengan masker. Alhamdulillah akhirnya jumpa lagi dengan dio. dapet bagian paling belakang jadi ya hanya melihat dari kejauhan. yang biasanya kegirangan dan meramaikan suasana, sekarang aku hanya membisu diluar mengoceh tak henti didalam. yang awalnya berfikiran untuk memandang dengan serius dengan semangat ternyata hanya bisa dengan sembunyi-sembunyi dibelakang peserta yang lain. menikmati setiap tutur bahasanya semacam paparazzi dengan was-was. ah, karna saking malunya aku. sungguh melelahkan.

lah kok aku baper sendiri? Lah kok aku menyiksa diri sendiri?
Padahal nih ya,
belum tentu dia tau masalah nya apa kan?, belum tentu dia sudah mendengar kabar tak enak itu?, dan yang pasti belum tentu juga dia mengenali wajah ku apalagi tertutup masker. terus mengapa aku menghindari nya? Hal aneh yang super lebay hem maafkan.

Mau gimana lagi, aku terlanjur malu. Aku takut dia berfikir buruk tentang ku. hanya itu sih. tapi, ada seuntai kalimat yang menegarkan hati untuk bangkit lagi ketika pertemuan tadi. dia berkata bahwa "bukan Cinta namanya jika belum memasrahkan detik dan dukamu didera, Cinta adalah sepenuhnya tentang kerelaan".
Apakah itu petunjuk kecil bahwa aku harus tetap ada dipihak dia? Ceileh semacam tersemangat i tanpa sengaja. sejak saat iku aku kembali pulih walau dengan bayang memalukan .

Pertemuan ke-9 kali ini aku memilih diam.
intinya jangan negatif thinking dulu ke orang.harus selalu berfikir positif thinking gitu. ga boleh memikir kan yang bukan-bukan karna bisa menguras lemak akhirnya kurus tak berdaya. menggantungkan rasa cukup ke Allah. Karna kalo ke manusia entar malah baper sendiri.kasian, ga tinggi-tinggi entar. dan satu lagi JANGAN baperan. udah gitu aja ehehe

Kamis, 30 Agustus 2018

Biar sayang!



Assalamualaikum temen-temen.
Selamat diujung bulan dan menginjak ke bulan selanjutnya yakni September yeeeeeee. Maklum bulan kembrojolan ku ehe.
Baru tersadar kalau selama ini belum punya tulisan tentang identitas seorang aku. Karna sempet mampir ke blog tetangga yang masing-masing blog pasti ada tentang si penulis nya. Jadi yaudah deh, biar banyak yang sayang boleh lah ya.kan kalau ga kenal maka tak sayang kata pepatah.mari mengenal sedikit tentang siapa aku (sok ng-artis banget ih wkwk)

Nama asli persis kaya nama blog aku Rica Sevtia Kusyaroh. Bisa dipanggil Rica/Rika. Selain itu banyak yang manggil ca/ka/merica/bebek rica-rica . Panggil yang senyaman nya aja gapapa deh.
aku anak kelahiran 99 em, masih muda banget tauk.
Asli Sidoarjo city, cuma sekarang tinggal di kota pisang lumajang dengan segala kesejukan dan keindahan nya. yang udah baca blog sebelum-sebelumnya pasti tau alasan kenapa aku stay di Lumajang.

Hobby aku apa ya? Banyak ih, suka banget sama nyanyi, nyari sesuatu yang baru, nyobain hal baru, travelling, segala hal yang menyenangkan kayak nya aku suka. Jujur untuk nulis sendiri nih malah aku kurang begitu tertarik, cuma kalau lagi good mood aja jadi rajin curhat di diary handphone. hobby yang baik bisa kok membuat kita makin semangat menjalani rumitnya hidup dan menambah ladang pahala buat kita.

Kalau cita-cita aaaaahh jadi malu. Tk dulu ditanya mau jadi apa pasti jawabnya "DOKTER". haha
Padahal ga gampang menempuh jalan itu. Akhirnya SMA berpikiran untuk pingin jadi gurunya mahasiswa yang mungkin dulu itu beranggapan "dosen adalah pekerjaan mudah dengan gaji yang tinggi"
Ternyata ga semudah membalikkan tangan juga coy wkwk. semakin umur nambah semakin mikir kalau guru apapun dengan gaji berapapun adalah pekerjaan yang sudah sangat mulia.

Tema aku di blog rata-rata pengalaman pribadi, random gitu. makanya judul nya bukan ngarang karna ya itu kisah sendiri hehe. Tapi juga ada kok opini dari temen-temen yang kemudian aku susun menjadi inti atau pesan di bagian penutup nya.


Yang jelas, aku masih belum tau-menau persis cara menulis dengan baik dan benar. Masih modal kata hati, mengabadikan kisah dengan tulisan (sampah hati si kata orang) , dari pada lenyap tanpa jejak kan. berharap bisa sedikit mempengaruhi mindset temen-temen mungkin sedang merasakan masalah yang sama dengan aku.
Mencoba sambil banyak belajar dari temen-temen blogger yang lain.
Semoga menjadi pemirsa tetap aku yaaaa. Maafkan apabila banyak kesalahan dan nggak nyambung .
Udah sayang kan sama aku? Udah kenal berati harus sayang ! Sebagai saudara sebangsa Indonesia tercinta dong..  hehehe daaaa haturnuhun
Wassalamualaikum temen - temen.

Senin, 27 Agustus 2018

Story telling

Ahad sore kemarin ada kegiatan pemuda -pemudi hebat,kumpul dan belajar bersama , silaturrahim , mentadabburi ayat Al-qur'an , dan makan bareng di kediaman dio, what?
Dio?
Kok bisa sih?
Gimane ceritanya?
Kenapa di rumah dia?
Trus kamu gimana ca?
Apa yang terjadi setelah itu ca?
Ah elah, pasti malu-malu in dah sirica..

Apapun itu yang terpenting ini adalah kesempatan yang mungkin Allah SWT ga membiarkan aku patah semangat untuk terus mengucap syukur dan lebih mendekat lagi.

Dah ah
Mulai deh ya ceritanya..

Jadi gini,waktu yang tanggal 22 dzulhijjah atau ada di http://ricasev.blogspot.com/2018/08/qurban-ikhlas.html?m=1 kemarin kan ketemu tuh, ada sesi ngobrol bareng gitu kan, nah itu dikasih tau kalau akan ada sharing lagi bareng temen-temen yang lain. cuma waktunya belum tau . lah aku kan rencana mau mudik ke sidoarjo.terus tawar-menawar hari gitu deh, aku request hari ahad biar agak lama di rumahnya.
Alhasil di acc wkwk, mungkin bukan karena itu sih ya yang pasti mah, tapi jujur itu uda senang banget. apalagi tempat nya di kediaman dia , aaaaaaaa bener-bener ga nyangka .

Udah gitu, pokok nya uda berfikiran
"Ah ntar kalo disana ga mau dilihat, nyumpet-nyumpet aja okke"
"Musti anggun ca, biar ga malu-malu in diri"
"Ga boleh nanya-nanya segala macem"

Ternyata ..
Apa yang terjadi..

Aku dan teman-teman ku datang terlambat uh, otomatis pelanggaran pertama dan pasti keliatan sama dia.

Yang kedua, dia paham kalo udah sering ketemu sama aku hiks hiks jadi kaya sering disebut gitu si akunya, sungguh menerbangkan aku ke atas langit ke-8. wehhh
Emang ada?

Yang ke tiga, aku jadi bahan perumpamaan nya dia..
Rahmat mu sangat buesar yaallah(mengapa saya alay hum), senang sekali rasanya walau hanya perumpamaan HAHAHA. lah coba si ya, kamu di sebut dengan doi mu,
jadi perumpamaan "kalo kamu orang yang dicintainya didepan orang banyak."
gimana cobaaaaa ?????
bayangin talaaaa yaaaaa , bahagia banget kan??? (Yaudahlah,  emang alay tauk si rica).
Disitu aku cuma bisa senyum-senyum tapi ke teman sebelah ku, nggak a berani liat wajah nya karna ah ga kuat asli padahal biasanya jingkrak-jingkrak kegirangan, tapi lagi-lagi bersikap sedikit anggun gitu lah wkwkk.

Hari itu aku benar-benar dilimpahkan  kebaperan yang menggunung.
Betapa kalau kita berharap hanya ke Allah tu inshaallah akan ada banyak hal yang enggak bisa kita duga.

pesan kesan nya adalah
Bersyukur yang pertama, kalo uda bersyukur pastinya semakin rajin dzikir dong, semakin ingat kalau segala perbuatan kita tuh diawasin sama tuhan. jadi jangan pernah bosan bersyukur.
Kedua adalah biasa saja.
kita harus berprasangka baik ke Allah, tapi jangan membuat kamu lebih menyombongkan diri dan berlebihan. artinya, jangan menaruh harapan yang lebih setelah kita dipuja, melainkan kita harus tetap berusaha, berdoa dan menyerahkan segalanya ke Allah.

Mau tau tentang apa aja yang dia bahas?
Coba aku kasih tau yang nyantol nih, sebagai penutup di story hari ini semoga bisa sedikit menginspirasi wkwk

"Mencintai : sesuatu yang membuat orang yg kita cintai senang,menyenangkan orang yg kita cintai." ini loh yag diperumpamain ke aku. Aaaaaaa hahaaa.

"Kebenaran, kebaikan, keindahan.puncaknya adalah keindahan.
Punya bekal dulu baru kita menyebarkan kebaikan."

"Banyak ladang pahala yang pemuda bisa dapatkan, melalui hobby misal. Mungkin kita bisa beramal lewat hoby tersebut"

"Kamu itu pensil warna, yang mewarnai lingkungan mu, bukan kertas putih yang mudah diwarnai orang lain. Jadi jangan sampai tepengaruh dengan hal yang buruk oleh orang lain."

Tapi please ya, jangan diketawain story yang ini .acak-acak an banget hem maklum masih sesuka hati nulisnya. Terimakasih banyaaak.


Rabu, 22 Agustus 2018

Qurban ikhlas

22 dzulhijjah

   Eid adha mubarak, sebelumnya selamat hari Raya idul adha teruntuk pemirsa yang sangat aku cintaaa. Wkwk

edisi mabuk bau sapi dan kambing, darah berceceran,dan kotoran dimana-mana.
Gema takbir masih terus terngiang, yang jelas suasana hati pasti bergembira ,tralalaala lalala laalala

Tema kali ini si cuma sesi curhat aja kayaknya, karna emang sebenernya semua isi bukan ngarang by aku tentang curhatan semua gitu lo, mana tau bisa di ambil hikmah dan sedikit inspirasi hem .Oke cukup ngebanyol nya.

  Sebelumnya lebaran, selalu ada tradisi puasa bareng , puasa arofah tepatnya, dimana jamaah haji di mekkah sedang menjalani wuquf di arofah.
tahun kemarin alhamdulillah di sekolah ku ada tradisi bukber seyayasan dengan anggota keluarga masing-masing. Wajar dong ya kalo taun ini berharap akan ada ulang tradisi.. Alkisah ternyata nothing. Pupus sudah harapan untuk bertemu padahal sudah ngobrol ke tuhan, kalau minta dipertemukan dengan dia lewat acara itu, bukan hanya dialam bawah sadar, pun juga di alam nyata.
"Tapi ndak papa, Mungkin Allah belum meridhoi sii", kataku mencoba berlapang dada dengan ikhlas. Selalu positif thinking kok.

  Satu hari berlalu, lah kok ketika tepat di hari jayanya sapi dan kambing disebut-sebut akhirnya tuhan beri takdir baik untuk bertemu kembali.  Aaaaaaaaaa, speechless banget aku disitu. mungkin sepele si masalahnya, setelah sekian lama tak jumpa, chat pun bener-bener jarang bahkan nggak pernah, cuma mantengin snapgram instagram dia, foto-foto barengnya kemarin etc.. Akhirnya dipertemukan kembali tanpa basa-basi, tanpa unsur kesengajaan pastinya.
Sungguh dibuat bahagia sangat sama tuhan.
Enggak ada yang ngira dengan hari ini, dengan pertemuan ini.
Allah justru memberi lebih ketika aku ikhlas dan berlapang serta berbaik sangka "gagal nya bukber disekolah" tahun sekarang.


Temu yang di idamkan menjadi nyata, bukan yang di khayalkan lo. Coba aja si kalian bayangin, modal apa ya? Cuma modal minta ke Allah SWT, minta terus - menerus agar ada pertemuan - pertemuan selanjutnya. ga ada kabar, chat pun juga enggak pernah, apalagi janjian, btw ini pertemuan ke-7 ya.
Ini si yang membuat aku tuh belum berhenti bersyukur, dimana dengan temu itu aku bisa lihat wajah dia langsung, bisa denger suara dia, dan bonus nya, bisa sampai ngobrol bareng. Tau kan ya, gimana senang nya hati ysng lagi berbunga-bunga. Wahahahaaa. Alhamdulillah alhamdulillah. Semoga bisa menginspirasi si buat kalian yang masih ga berani nyerahin semua ke tuhan biar segera bebenah diri dengan sebaik mungkin, segera minta yang banyak lalu pasrahin ke tuhan. Inshaallah kamu akan lebih menerima dengan apa yang kamu punya dan dapetin. Tapi aku ngomong gini bukan aku sudah baik dan sempurna juga sih, hanya lebih mencoba baik lagi tepatnya, mungkin dengan kita berbagi pengalaman kayaknya akan sedikit berguna untuk yang lain gitu kan. pokoknya mah semangat terussssss. Woyo woyooo

Senin, 20 Agustus 2018

Wajar, maklum?


Setiap manusia pasti punya sisi baik dan buruk "nothing is be perfect" ,bukan?
Semua selalu serba berbalikan, karna ada bandingan nya masing - masing.
Contoh kecil : memberi × menerima.
Sama nih, kaya tema yang pingin aku obrolin disini.

SUKA × TIDAK (BELUM) SUKA
Ada seseorang yang literally dia yakin banget dengan apa yang dia pilih "untuk disukai".
Belum bicara jenis kelamin nya ni, masi secara umum aja. Bukan hanya 1 orang di seluruh jagad Raya yang merasakan nya. Kenapa dia benar - benar memilih orang tersebut untuk dijadikan penguasa akal sehatnya atau untuk menjadikan sebagai idaman mungkin.
Tapi dibalik semua keyakinan dan keberanian"menyukai" orang tersebut muncul titik titik kekhawatiran dimana dia ngerasa
"hey, dia cantik parah.. Pasti milihnya juga yang cakep dong"
"Dia kaya, apalah aku ini "
"Anaknya orang alim weh, gak mungkin bisa aku dapetin hem"
"Dia jenius lohh, mustahil bisa deket sama dia "
Etc....

Pernah gak si kalian mikir gitu?
Pasti pernah..
Iya dong?
Iya kann

Dari masalah fisik,  keilmuan, keluarga, sampek harta pun musti selalu dipertimbangkan.

Wajar kah kita menyukai diatas level rata-rata kita?
Atau maklum - maklum aja?
Hahahahaha, ngakak

Oke , gini
Mungkin kenormalan kita yang ngebuat negative thingking tersebut menggebu. Banyak sudah nasehat dan pendapat yang aku dapet dari temen-temen. intinya Jodoh ditangan tuhan btw. Kita boleh khawatir dengan pilihan kita, tapi kita kudu yakin dengan pilihan tuhan pasti tepat, tepat dengan apa yang kita butuh kan. Enggak akan ada yang tau apakah dia berjodoh atau engga sama kita, tapi kita punya jurus andalan dong, kita bisa DO'A, sesuka kalian mau DO'A yang gimana asal itu baik. minta sebanyak-banyaknya dan sesering mungkin ke tuhan, jadikan dia pilihan pun taqdir yang baik untuk kita. Niscaya kalo tuhan Ridho ? Nothing is impossible.
Mau dia anak super keren, kaya, apapun itu inshaallah luluh kalo tuhan sudah berkehendak.
Jadi, mau cowok biasa yang lagi suka ke cewek cantik plus popular lanjutkan selama itu menurutmu baik dan pantes di perjuangin.
Dan buat embak- embak perempuan yang lagi seneng ke pria idaman nya silahkan istiqomah kan, again selagi menjadikan mu baik pun semakin positif. prasangka baik terus ke tuhan.
Ga perlu menjadi sempurna untuk mendapatkan apa yang kita mau, tapi berusaha menjadi lebih baik dan lebih baik lagi agar tuhan menghendaki DO'A kita.
Nahh, selamat berbebas menaruh perasaan wkwkwk

Minggu, 19 Agustus 2018

Bersyukur

Kalo ngomongin tentang yang satu ini, jujur aku juga masih belum mampu dan masih belajar betul - betul untuk menerima segala yang ada.
Karna gini, sejatinya itu semua nikmat, cobaan, dan ujian sampai ke kita adalah perkara yang musti kita syukuri.
Secara umum aja,bkalo kita bersyukur nih, terasa banget tenang nya. salah satu contoh menurut aku pribadi si gitu.  Dan sebaliknya, ketika gelisah, negative thingking, itu berati belum ikhlas, biasanya belum ikhlas ini juga tidak ada rasa syukur didalem nya.
Ex. Sederhana Seperti kemarin waktu disekolah.
Biasanya tanggal muda kan dapet mukafa'ah (gajian). Nah ternyata sampe pertengahan kemudian baru dibagi. Kegelisahan sudah memuncak haha karna emang lagi menipis banget, ditambah harapan nya dapet tambahan. Padahal setelah dibagi dapetnya ya sama aja seperti kemarin bahkan berkurang. mencoba menyukuri ternyata masi ganjel rasa ngeluh nya. Ini loh manusia gak tau diri, uda dikasih tapi sukanya ngeluh. sama sekali ga mensyukuri nikmat yang udah diberi sama tuhan. Nah, ada kesempatan untuk belajar lapang dada dengan menyempitkan keegoisan dehh kan dari kisah kecil itu.

Bersyukur itu banyak banget modelnya, menunggu sesuatu yg kita butuh kan adalah termasuk dengan bersyukur waktu agar kita melatih kesabaran dan tawakkal sama tuhan.
Walaupun masi ada kesah didalam tapi setidaknya kan kita tetap stay cool, gak masalah kok.

Terus bersyukur dengan apa saja yang kita peroleh, mau itu sedikit, setengah, ataupun banyak. Semua patut kita terima dengan lapang. Toh Tuhan sudah janji kalo hambanya banyak bersyukur pasti akan lebih - lebih lagi ditambah sama Tuhan.

memiliki keluarga, guru, teman, tetangga yang baik pun wajib untuk kita syukuri, karna mungkin dengan ada nya mereka segala kenikmatan dan ketenangan akan selalu mengalir deras.
Berada diantara lingkungan yang baik itu sudah sangat nikmat, harus di syukuri. Dengan keaadan apapun kita saat ini, misal lagi susah kah, memendam amarah kah, bahagia kah, rindu mendalam pun itu sebuah anugerah suatu titik dimana kita disuruh lebih deket lagi ke tuhan.
jadi hidup tuh bukan melulu tentang kemehawan dan berfoya saja ya, keharmonisan dan ketenangan lah yang penting.

Pokoknya mah,disini aku dan kita belajar buanyak, ketika belajar mensyukuri lebih dalam lagi pasti akan menemukan ketenangan yang mungkin juga lebih dahsyat.
Kapan pun, dan dimanapun. mulai dari sekarang lebih membuka hati untuk berfikir baik sama Tuhan, karna itu kunci utama supaya kita menjadi mudah berbaik sangka dengan mensyukuri semua nikmat, ujian dan cobaan nya .

Stay kendo agar kita tetap bisa berbahagia dengan yang kita punya.

Selasa, 14 Agustus 2018

Puisi diam

Dio
Kupandang kau dari kejauhan
Kuceritakan kau pada siapapun
Kusebut sebut kau disetiap obrolan ku dg tuhan.
Begitu tenang,
Selalu melekat dio
Sungguh mengagumi mu dengan begini sangat nikmat.

Hanya Diam
Bertanya -tanya
Berharap
Bersabar
Berbaik sangka
Pun
Ikhtiar.

Mengagumi mu di kejauhan
Menjadikan ku ingat akan kebajikan
Senja sampai petang
Membuat ku membaik dan lebih kuat

Kau tak kan tau
Sedikit pun.

Rindu akan temu
Mendengar detik perdetik setiap titik  nasehat mu
Tenang rasanya sungguh.

Tapi jikalau ini adalah kesalahan
Aku senantiasa selalu berharap
Takdir baik yang selalu datang
Dan
Tuhan memberi yg terbaik
Dengan segala kuasanya
Dengan mengubah
Kesalahan berubah menjadi kebenaran
Untukmu dio
Si pujaan hati sejak 3 bulan lalu
Semoga ada temu- temu selanjutnya
Semoga taqdir baik bersama kita
Semoga kebaikan tercurah padamu
Selalu.

Minggu, 27 Mei 2018

Apa cinta?

Cukup horor pembahasan di Ramadhan kali ini. berkaca pada kisah malam tadi yang menuntun si tangan untuk nulis lagi .
oke mulai
Menurut pribadi, Puncak kehusnudzon adalah dimana saat ketemu lelaki pinter sholih dikit udah, uh yaallah semoga dia jodoh ku kelak uh yaallah diakah jodoh yang kau kirimkan padaku? apakah aku tulang rusuk miliknya?
 Literally itu seriusan hahaaha lebay amat uh
apa cuma aku si yang terlalu berhusnudzon gitu?  Karna emang gini lo, bener - bener belum paham sama perasaan "Cinta yang sesungguhnya". Padahal ya september depan uda hampir kepala 2 . tapi entah kenapa aku masi bingung gitu ngelebelin ini namanya Cinta atau hanya sekedar suka. dari semua artikel tentang makna Cinta yang aku tangkep si gini "Cinta itu perasaan fitrah yang pasti ada di setiap insan, dan itu mendalam bukan setengah apalagi sementera" setuju kan ?  Terus gimana membedakan nya coy?  Cinta atau sekedar fans? Cinta yang pernah aku jalani dulu Cinta nya anak kecil, kekhilafan juga si itu wkwk.  Cintanya anak SMA yang hanya untuk pengisi hari - hari aja soalnya. bukan Cinta yang  bertujuan untuk pelaminan bukan. nah kalau timbulnya kenapa dibilang Cinta kan karna mesti ada kalimat - kalimat berbau romance gitu toh, padahal aku yakin banget letak cinta sejatinya bukan hanya di kalimat tapi di sebuah perbuatan. Lah sekarang gini, jarang ada perempuan yang enggak ngerasa insomnia kalau ketemu lelaki yang masuk kriteria idaman nya, pasti si perempuan berbuat apapun untuk ngorek berita tentang si lelaki tadi sampai akar sekalipun. Itu bisa nggak dinamakan cinta karna perbuatan?  Ada sebuah usaha disitu. Terus jika berbuat hal yang sama ke artis - artis papan atas ya kali masa cinta nya banyak amat. masa masi dibilang Cinta karna usaha? Bingung kan ya
Semua pembahasan diatas adalah suatu kebimbangan seorang aku yang masi belum tau menau tentang hakikat si cinta. Yang aku pernah denger juga, jodoh itu bukan kita menunggu tapi kita ikhtiar mencoba mencari yang sampai sekarang aku belum tau gimana caranya duh, cinta atau fans memang sulit menafsirkan nya mungkin dari tahan lama kah rasa kedua nya tersebut atau mungkin dengan kesungguhan rasa itu tadi melekat pada kita yang mempengaruhi segala perbuatan kita untuk terus berdoa meminta petunjuk terbaik apakah dia jodoh kita kelak. Jadi intinya jangan terlalu husnudzon seperti aku ! percaya , itu hanya buang waktu untuk berfikir dan berharap tanpa kepastian yang jelas.sekedar suka saja sebenarnya cukup untuk usia - usia segini. bukan mengumbar kecinta an dengan meletakan tidak pada tempatnya. kalau sudah waktunya pasti sang jodoh datang tak terlambat . fokus ke hal yang lebih penting untuk masa depan cerah nanti. Dan... Selalu memperbaiki diri demi mendapat jodoh yang baik pula. Keep calm ya

Jumat, 20 April 2018

Gagal kartini


Seperti biasa, waktu menunjuk kan sudah jam 06.20 . Waktu beranjak nya semua orang mulai beraktifitas sehari hari, sekolah, dan kerja. Aku pun juga begitu, beda dari hari lain, kali ini aku berangkat ke sekolah nunggang motor sendiri, bukan diantar karna emang yg ngantar lagi ada urusan penting. Seperti biasa pula selalu merutinitas kan setiap kegiatan apapun diawali dengan doa. Ditengah perjalanan alhamdulillah lancar, jalanan sepi yg membuat was was nya agak memudar, fullday school yg ngebuat anak anak sepi ga ngebut ngebut an di jalan, lah kok saat hampir sampai,
Sudah kriting kanan
Ada kakek - kakek naik sepeda didepan
Bodoh nya aku ngebalap kakek nya
Sampai akhirnya.. Bugh, jatuhlah si kakek
Seketika berdegup kencang jantung ini
Kusingkirkan langsung motor yg kutunggangi
Kubangunkan si kakek, tak berhentinya diriku memohon maaf karna ga tega dan sungguh memalukan, betapa aku tak mengertinya kakek - kakek dengan tenang dan di jalan yg tepat tetapi ku salip dengan sangat segit,
Betapa hina nya aku yg tak punya rasa kasian melihat sang kakek dengan seluruh kekuatan nya untuk mengayuh sepeda, sama sekali ga bisa dimaafkan. Punten, ngapunten kekk,
'Ga cukup bagiku kata maaf kek' sangat durhaka rasanya diriku kepadamu .
"Bahaya lo, kesusu ta"
Yaallah, ga tega kalo diingat ingat wajah syoked dan keriput - keriput itu.
Terus kuucapkan permohonan maaf, yg sebenernya ga ngaruh banget , tapi semoga menenangkan dan meyakin kan si kakek kalau aku bener bener bersalah dan sangat berdosa ..

Itu suatu kecelakaan yg sepele kalo kata orang - orang, tapi buat ku,' come on, that a grandpa!!  '
Jangan melihat parah enggaknya suatu kecelakaan ketika si korban sampe gawat darurat atau bahkan sampai meninggal.
Siapapun yg kalian celakakan, baik itu anak kecil dan seorang kakek pun, itu manusia. Sama kaya kalian, punya perasaan yg pastinya down dan takut banget. Andaikan ku bawa dompet, ku beri seluruh isi dalam dompet itu, apalah daya, semua sudah terjadi dan nyatanya aku nggak a membawa dompet itu. Setelah kutanya si kakek rumahnya dimana, ga dapet jawaban, mungkin karna keadaan nya masi super tegang dan cemas.

Dihari kartini ini, kusudah berbuat kesalahan besar..
Perjuangan ku tak sebanding perjuangan sang kakek tadi, siapa kira  hari yg diperingati dengan hari baik malah kujatuhkan martbatku sendiri pada kecelakaan yg menimpa sang kakek.
Semoga kedepan selalu diberi penghormatan yg tinggi untuk sesama sosialita yg lain. Sehingga tak pernah luntur rasa kasih sayang kita untuk mereka
Forgive me god, ans i am so sorry granpa

Taqdir lain?

Sekitar 6 bulan lalu aku menyudahkan pendidikan menengah keatas, sampai akhirnya di beberapa hari kedepan mendengar berita yg sangat menyedihkan, --maaf, anda ditolak kuliah di u**** dan i***-- bahasa faktanya gitu kan, ditambah komentar ibuku "gapapa, bisalah dibuat ngajar-ngajar ngaji di rumah, itung - itung manfaat in ilmunya ya masa mau mondok lagi, sekarang waktunya ngamalin ilmu mbak, uda mateng kok mondoknya"
Oke fix, lulus aliyah ga langsung kuliah--pusing daftar kuliah tepatnya, karna yg lain masi sibuk ngejar kampus impian mereka.

Jelang lebaran mudik ke pedalaman tempat ayah dilahirkan dulu,
Intinya, disitu aku mulai menginjak karir sebagai guru , yah walaupun guru berbasis keAKHIRATan. Suatu taqdir yg bener bener okey, trimakasih allah ku, engkau selalu tau mana yg pantas untuk ku. Bersyukur tiada henti sampe detik ini juga, anak yang kadang patuh kadang acuh sama aturan, buat semakin belajar dengan betul pastinya. yg S1 aja belum tentu jebol, lah kamu!! Lulusan aliyah plus dulu disekolahnya ga pernah becus la kok bisa keterima, tanpa ijazah pula ? 'Kata sang hati yg memprotes'
Si ibu bahagia, seneng, karna anaknya berhasil manfaatkan ilmunya ditambah dapet pesangon yg lumayan buat beli make up sendiri.

Nah udah itu, seiring berjalan nya waktu, 'aku pingin kuliah di kampus surabaya buk, ngambil jurusan manajemen'
"Uda taqdir mu jadi guru disana nak toh itu nambah pemasukan juga, kuliah sabtu minggu aja jurusan pgsd"
Yaaaa, aku cari cari bahan lagi, mencari sesuatu yg dapat meyakinkan dan membujuk ku agar patuh sama amanah sang ibu

Balik lagi ke waktu, semakin cepat semakin jauh waktu berjalan.
Ketika aku sudah ingin membuka hati untuk kuliah sabtu minggu dan pgsd nya,
"Coba cari info masuk kampus Surabaya"
'Loh buk? '
"Ibu ga tega, kamu jauh dari orang tua, kamu perempuan lagi, "

Sungguh hidup itu penuh dengan segala ujian nya, penuh dengan lika liku yg hampir aja kutempuh dengan lurus.
Apa harus move ketempat lain Ketika uda nyaman ditempat baru?  Orang tua segalanya, tapi apa harus melawan taqir?  Atau akan ada taqdir baru untuk ku?
Entahlah, sedang ada dititik kebingungan penuh..dimana semua tertuju ke masa depan cerah ku esok. Akan kah aku terus terombang ambing dengan keadaan seperti ini?
Atau aku harus memilih salah satu, yg betul2 terbaik dan yaa emang itu jalan satu satu nya caaa ricaaa.  Huft
*Gunakan akal sehat, pelan pelan, ikhlas kan dan tawakkal.*
Hanya allah ku yg bisa bantu ,insyaallah ada jalan.

Kamis, 19 April 2018

Profesi yg remeh

? My Education History
1. TK. Raudhatul athfal (bono tapung)
2.MIS. Al hidayah         (bono tapung)
3.Madrasah Diniyah Alawiyah (bono tapung)
4. PPP. Walisongo        (cukir, Jombang)
5.MTS. Perguruan Mu'allimat  (jombang)
6.MA.Salafiyah Syafi'iyah (tebuireng, jbg)
7.SDIT. Ar rahmah (yosowilangun, Lumajang)
Kurang 2 lagi,
Kuliah dan nikah
Seneng banget bisa diantara mereka yg sigap saat mengajar kan suatu ilmu yg baru, banyak banget guru diluar sana acuh tak acuh sama akhlak murid nya,"asal ngajar" kalo bahasa kasarnya. Ya kan?
Terbukti ya ketika keluar sekolah uda pada lupa, ga inget apa apa yg pernah diajar kan disekolah,ga ada yg nempel di hati dan akal. Ya namanya guru hanya mengingkan uang, so yang penting datang ke sekolah,  duduk manis nunggu jam, setelah ngajar udah, abis itu pulang dan selesai.rutinitas ternyantai sedunia.
Tanpa memikirkan seberapa banyak pahala yg didapet kalo kita mengajarkan sampai anak2 itu paham dengan mendoakan mereka,juga kelak dia akan menjadi apa tak ada dibenaknya. KEBANYAKAN si, bukan semua guru kaya gitu juga ,
Yang patut itu guru yg setiap malem ngedoain seluruh murid nya biar dapet ilmu yg manfaat dan berkah. Oiya, banyak banget yg ngeREMEH kan profesi Agung ini, dimana mereka menganggap "halah guru gajinya ga akan cukup dibuat sebulan "
"Guru itu perkerjaan yg monoton, pelajaran nya tak pernah berkembang" etc.
Padahal. Mereka gatau coy, seorang presiden itu ga akan bisa jadi seperti sekarang kalo ga ada guru yg ngajarin dia baca tulis.berterimakasih lah masi ada profesi GURU di bumi ini, kalo sudah tak ada gatau juga bakal jadi apa kita nanti.
Kurasa itu yg ngebuat seorang guru jadi profesi mulia -diantara yg lain. Penuh pendidikan dan penuh akhlak teladan pula untuk bekal contohan yg baik untuk murid - murid nya. Bukan sempurna lo ya,ga ada guru sempurna selain nabi kita. Muhammad SAW, hanya saja guru yg baik itu dengan ikhlas menyalurkan apa yg dia punya, berjuang seluruh tenaga dan fikiran agar bisa tersalurkan dengan sempurna kepada mereka, plus doa doa setiap malam di alunkan untuk masa depan cerah mereka. Again, the best teacher ya kaya gitu. Bakalan spechless kalo ngeliat guru yg ah, tak ada sama sekali hal baik yg patut dicontoh.percuma dia jadi guru kalo masi suka berbuat kerusakan di bumi pertiwi ini. Selamat menjadi guru-guru profesianal dan ber akhlak ehehe

Copyright © Rica Sevtia
Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Edited by Gigip Andreas